Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri berikut ini dapat menjadi contoh dan referensi bagi Anda yang ingin meninggalkan atau keluar dari perusahaan tempat Anda bekerja. Mengundurkan diri atau yang biasa disebut resign merupakan hal yang wajar dalam sebuah perusahaan. Ada banyak alasan mengapa seseorang meniggalkan tempat bekerja. Bisa karena gaji yang tidak sesuai atau menginginkan gaji yang lebih tinggi, ada peluang kerja yang lebih baik, pindah tempat tinggal atau memang sudah tidak nyaman lagi dalam bekerja.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menulis surat pengunduran diri. Sebaiknya tulis surat pengunduran diri dengan baik dan sopan, jangan pernah sekalipun menuliskan kekecewaan atau keburukan perusahaan meskipun Anda mengalaminya. Kecakapan dalam menggunakan kata-kata sangat berperan penting sehingga terlihat lebih sopan dan positif terhadap perusahaan yang Anda tinggalkan.

Contoh Surat Pengunduran Diri


Contoh Surat Pengunduran Diri

Namun sebelum membuat surat pengunduran diri, sebaiknya Anda pertimbangkan lagi apakah keputusan Anda ini sudah benar. Jangan sampai setelah Anda membuat surat pengunduran diri Anda menyesalinya atau ingin menarik lagi surat tersebut. Sebaiknya pastikan Anda sudah memiliki pekerjaan baru atau setidaknya Anda sudah memiliki cadangan pekerjaan lain sebagai penopang hidup sebelum meninggalkan pekerjaan lama Anda. Langsung saja berikut ini contoh surat pengunduran diri yang bisa Anda salin.

Banyuwangi, 15 Agustus 2013

Kepada Yth
HRD PT Dian Pratama Mandiri
Jl. Basuki rahmat No.43
Banyuwangi

Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT Dian Pratama Mandiri berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang kekaryawanan dan Undang – Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama :
Departemen :
Jabatan :
No Karyawan :

Mengajukan pengunduran diri dari PT Dian Pratama Mandiri dengan alasan (sebutkan alasan lain sesuai dengan kondisi anda tidak perlu terlalu detail). Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan indistrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak -hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


(……………………)

Surat pengunduran diri yang baik dan sopan juga mencerminkan kepribadian Anda. Karena Anda masuk ke sebuah perusahaan secara baik-baik, maka pada saat meninggalkannya juga harus baik-baik juga. Setelah Anda keluar, bisa melihat contoh surat lamaran kerja untuk melamar pekerjaan baru yang Anda inginkan.