Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai Prosedur Yang Benar

Contoh surat lamaran kerja dibawah ini dapat Anda gunakan sebagai contoh penulisan surat lamaran kerja bagi Anda untuk melamar pada instansi atau perusahaan yang diinginkan. Surat lamaran kerja menjadi ujung tombak dan berperan sangat penting karena surat lamaran tersebut yang pertama kali dilihat oleh perusahaan dan menentukan nasib Anda selanjutnya. 

Surat lamaran kerja mencerminkan kepribadian kita, oleh sebab itu buatlah surat lamaran kerja sebaik mungkin dan serapi mungkin agar bagian personalia yang bertugas menyeleksi karyawan baru dapat terkesan. 

Contoh Surat Lamaran Kerja



Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sebelum menulis surat lamaran kerja. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja

  • Menuliskan data pribadi yang lengkap misalnya nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomer hp atau telepon, email jika ada, dan status perkawinan (masih singgle atau sudah menikah).
  • Menuliskan latar belakang pendidikan, misalnya pendidikan formal mulai dari SD sampai riwayat terkahir Anda tamat melakukan pendidikan. Untuk pendidikan non formal bisa diisi dengan pelatihan atau kursus yang pernah Anda ikuti.
  • Menuliskan pengalaman kerja. Sebaiknya tuliskan pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang lowongan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda belum memiliki pengalaman kerja, maka Anda bisa menuliskan kemampuan yang Anda miliki yang sesuai dengan lowongan tersebut.
  • Melampirkan daftar riwayat hidup, foto copy ijazah terakhir, pas foto terbaru, surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK jika diperlukan, surat keterangan kesehatan dari dokter jika diperlukan.
Mungkin masih ada yang kebingungan dalam menulis surat lamaran kerja sebaiknya ditulis tangan atau diketik komputer? Agar terlihat rapi, sebaiknya surat lamaran kerja diketik dengan komputer menggunakan ukuran font standar seperti Times New Roman agar terkesan formal. Gunakan bahasa yang formal dan efektif tanpa pengulangan kata-kata yang tidak jelas. Hindari penggunaan tata bahasa yang salah atau ejaan yang salah. Berikut ini contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda salin sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kepada
Yth. Manajer Personalia
PT. Dian Pratama Mandiri
Jl. Basuki rahmat No.43 Banyuwangi

Hal : Permohonan Pekerjaan

Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : ..................................................
Tempat, Tanggal Lahir : ..................................................
Usia : ..................................................
Pendidikan Terakhir : ..................................................
Alamat Asal : ..................................................
Domisili : ..................................................
Telepon : ..................................................

Berdasarkan Bursa Kerja yang dimuat pada Harian Jawa Pos, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai karyawan. Dengan bekal kemampuan yang saya miliki diantaranya mampu mengoperasikan komputer, microsoft word, power point, adobe potoshop, dan web design. Saya dapat bekerja keras, rajin dan jujur, dapat bekerja secara mandiri maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
1.   Foto Copy Ijazah terakhir
2.   Daftar Riwayat Hidup
3.   Foto Copy KTP
4.   Foto Copy SIM
5.    Foto ukuran 3 x 4 = 2 lembar

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ronald Pakundez

Peluang kerja memang tidak sebanding dengan lowongan kerja yang disediakan. Belum lagi angka kelulusan setiap tahun yang selalu bertambah. Semoga contoh surat lamaran kerja diatas dapat membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang Anda inginkan.